cover
Contact Name
Sri Suryanti
Contact Email
srisuryanti@umg.ac.id
Phone
+6281280297873
Journal Mail Official
didaktika@umg.ac.id
Editorial Address
Faculty Teacher Tranining and Education, Universitas Muhammadiyah Gresik Jl. Sumatera No. 101 GKB Kebomas Gresik Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
ISSN : 16934318     EISSN : 26218941     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/didaktika
Core Subject : Education,
didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan dasar
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 28 No 1 (2021): September 2021" : 8 Documents clear
PERANCANGAN APLIKASI MEMBACA (R-APPS) UNTUK SMA YUYUN BAHTIAR
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.45 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.2928

Abstract

The main objective of this research is to explore the result of the use of R-Aps as a new tool which helps increasing students' motivation in 11th Grade. The study is based on a situation where students have to do learning at home, then a reading application is developed for students to have an increase in learning motivation. The sample of the students’ population for this study is all of 11th in MA Mambaul Ulum Megaluh Jombang. The instruments used in this study were 1) Validation sheet by Validator Expert 2) teacher interview 3) a questionnaire of the students’ responses. From the calculation of the above-average obtained results of 3.97 which belonged to the category of good so that could be concluded that the use of learning media R-Apps is effective. And Regarding the data analysis, mean, percentage, and total score. The result indicated that 1) the students’ English reading comprehension ability increased significantly after learning with reading application 2) Reading Application is worthy as a new tool to increase student motivation 3) the results of the study showed that the media obtained good criteria with a score of 3.97 on the Linkert scale which showed that the media was feasible to be implemented in the classroom.
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KREATIFITAS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA asy'ari asy'ari
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.754 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.3030

Abstract

Tujuan penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahuiefektifitas metode pembelajaran berbasis outdoor learning sebagai upaya peningkatan motivasi dan kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Metodelogi dalam penelitian ini menggunakan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan audiovisual. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan cara diskriptif. Hasil penelitian terbukti bahwa pembelajaran outdoor itu sangat menyenangkan. Siswa-siswi sangat antusias dan sangat senang untuk mengikuti pembelajaran outdoor tersebut. Kemudian dapat menyalurkan dan mengembangkan kreativitas dan motivasi dalam pembelajaran outdoor learning tersebut. Para peserta didik Thailand juga sangat antusias mengikuti pembelajaran di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Para peserta didik Thailand di perkenalkan dengan makanan khas Indonesia yang salah satunya yaitu rempah-rempah. Namun tidak hanya siswa dari Thailand saja, namun juga dari Korea pun juga ada. Mereka semua tidak hanya di perkenalkan makanan khas Indonesia namun juga di perkenalkan budaya dari Indoneisa itu sendiri, dan para peserta didik yang dari Indonesia juga pertukaran pelajar. Harapan Bapak Kepala Sekolah, para guru dan peserta didik yang di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya terkait dengan pembelajaran outdoor learning seperti ini harus di pertahankan dan terus dikembangkan agar ke depannya dapat menjadi lebih baik dari yang sekarang.
THE CONCEPT OF KNOWLEDGE ACCORDING TO ABDULLAH FAHIM'S EDUCATIONAL THOUGHT KHAIRUL NIZAM BIN ZAINAL BADRI
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.337 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.2909

Abstract

The fact of truth or principle that forms knowledge is often seen from three aspects; ontology, epistemology and axiology. In the context of education, ontology is the basis of knowledge that serves to know the nature of divinity, epistemology is the basis of knowledge that serves to explain where science comes from, and axiology is the basis of knowledge that sees the benefits of science. This study seeks to examine the concept of science according to the perspective of Shaykh Abdullah Fahim as a respected educator of his time. In addition, analysis of the link between the basic thoughts on the knowledge and attitude of the Malays towards science will be emphasized. Included in the analysis of the study, are the changes made by Shaykh Abdullah Fahim in developing knowledge. For the purpose of collecting and analyzing data, this study uses an archival approach and fully qualitative methods. The documents examined include the writings of Shaykh Abdullah Fahim which are considered as primary sources and writings about Shaykh Abdullah Fahim are considered as secondary sources. The results of the study found that the concept of knowledge that he conceived is not tied to the traditional stream that pays too much attention to naqli (revealed) knowledge but at the same time not as hard as the islah (reform) stream which places aqli (non-revealed) knowledge as the main basis for development and progress of society.
Pengaruh Konsep Diri Pada Kecemasan Dan Hasil Belajar Matematika: Kasus Pembelajaran Daring Sarwo Edy; Fatimatul Khikmiyah; Dwi Melinda
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.704 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.3709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kecemasan dan hasil belajar matematika pada saat pembelajaran dengan moda daring peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021, dengan anggota sampel penelitian sebanyak 270 peserta didik yang dipilih dengan teknik proporsionall simple random sampling. Pengumpulan data konsep diri matematika dan kecemasan matematika menggunakan metode angket, dan data hasil belajar matematika berupa nilai UAS. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara konsep diri matematika terhadap kecemasan matematika dengan nilai C.R. sebesar dengan taraf signifikan ; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri matematika terhadap hasil belajar matematika dengan nilai C.R. sebesar dengan taraf signifikan ; 3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika dengan nilai C.R. sebesar dengan taraf signifikan
MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C’S ABAD 21 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING Lutfiadi Lutfiadi; Irwani Zawawi
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.215 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.3711

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan 4C’s peserta didik, (3) Mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik materi matriks di kelas XI SMKS Zainul Hasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam 3 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah model sistem spiral refleksi dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan perencanaan kembali. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi ketrampilan 4C’s dan lembar tes. Hasilnya adalah secara keseluruhan rata-rata aspek keterampilan 4C’s peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 14%. Masing-masing aspek keterampilan 4C’s mengalami peningkatan sebagai berikut: aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik dari siklus 1 sampai siklus 3 meningkat sebesar 18%, aspek keterampilan berpikir kreatif meningkat sebesar 14 %, aspek keterampilan komunikasi meningkat sebesar 16% dan aspek keterampilan kolaborasi didik dari siklus 1 sampai siklus 3 meningkat sebesar 11%. Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I hingga siklus III dengan rata-rata kelas sebesar 80,8. Ketuntasan klasikal peserta didik meningkat dari siklus I hingga siklus III mencapai 88%.
Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Mengggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Bangun Ruang Vinda Ambita; Irwani Zawawi; Sri Suryanti
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.576 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.3903

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi bangun ruang di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D dengan langkah-langkah yaitu define, design, development, disseminate. Uji pengembangan dilakukan pada 39 peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 14 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen, kuesioner, tes dan pengamatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, kuesioner gaya belajar peserta didik, kuesioner respon peserta didik, lembar validasi, soal tes, dan lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Dan teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa e-modul tidak perlu revisi berdasarkan saran dari para ahli. Validitas bahan ajar e-modul termasuk sangat valid. Menurut penilaian para ahli bahan ajar e-modul termasuk praktis. Keefektifan media dilihat dari rata-rata persentase pertemuan pada kriteria aktif, persentase respon peserta didik termasuk kriteria baik, dan ketuntasan klasikal peserta didik terpenuhi. Sehingga e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif.
Implikasi Kebijakan terhadap Penilaian dalam Pendidikan Matematika di Indonesia: Tinjauan Penelitian (2011 -2020) Sri Suryanti
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.3911

Abstract

Artikel ini mengulas berbagai penelitian yang signifikan dan beragam tentang penilaian dalam pendidikan matematika di Indonesia sebagai hasil dari perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian yang menjadi bahan kajian adalah periode sepuluh tahun terkahir 2011–2020. Dalam konteks pendidikan, penilaian dapat dirancang untuk menargetkan peserta didik, calon guru, atau guru, baik sebagai individu atau sebagai perwakilan kelompok, dan untuk berbagai tujuan. Salah satu tujuan utama penilaian dalam pendidikan matematika adalah untuk memberikan bukti yang dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang pendidikan matematika, yang kemudian menimbulkan pertanyaan tentang aspek kompetensi matematika mana yang harus dinilai, serta bagaimana dan untuk tujuan apa. Artikel tinjauan ini membahas dua tema terkait: (1) masalah yang terkait dengan proses penilaian dan pengembangan penilaian yang dapat menilai kompetensi matematika secara valid; (2) isu terkait kebijakan pendidikan dan hubungan antara penilaian dan kebijakan. Hubungan antara penilaian dengan pembelajaran yang merupakan produk perubahan kebijakan ditunjukkan di artikel ini
Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Three Tier Multiple Choice Menggunakan Wondershare Quiz Creator untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Nanda Eka Damayanti; Irwani Zawawi; Fatimatul Khikmiyah
DIDAKTIKA Vol 28 No 1 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.232 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v28i1.3902

Abstract

Evaluation can be used to measure the understanding of students' concepts in geometry material. However, there are still many students who have difficulty in understanding the concept of geometry. This often leads to misconceptions. An effort to identify misconceptions is to conduct a three-tier multiple choice-based evaluation test. Evaluation can take advantage of online question maker technology such as the Wondershare Quiz Creator application. The purpose of this research is to develop a three tier multiple choice based evaluation tool using wondershare quiz creator to identify misconceptions that can be used online. The development research model uses the 4D model. The research subjects were students of class VII-A SMPN 5 Lamongan. The research instruments used were interview sheets, validation sheets, test instruments, and questionnaires. The data analysis technique used qualitative and quantitative analysis. The result of the research is an evaluation tool based on three tier multiple choice using wondershare quiz creator to identify misconceptions as seen from: (1) the appropriateness of the evaluation tool meets the valid and effective criteria which reaches more than 60%. As well as with the statistical tests carried out, the instrument has met the criteria given so that the evaluation tool can be used. (2) Types of misconceptions consist of classification misconceptions, correlational misconceptions, and theoretical misconceptions. Of the three types of misconceptions, students experienced the most misconceptions at level 2, namely answering incorrect choice of reasons.

Page 1 of 1 | Total Record : 8